Sepuluh Kemasan Album Terbaik

Ini adalah Sepuluh Kemasan Album Terbaik versi saya sebagai kolektor rilisan musik [baca; kolektor pemula]. Jadi bukan sepuluh album terbaik berdasarkan aliran musik atau artwork cover-nya. List ini saya pilih berdasarkan koleksi yang saya punya, jadi tidak mungkin saya memasukkan kemasan album yang tidak saya miliki atau tidak pernah saya lihat lalu sok tahu dimasukkan ke dalam list…

 

TOOL – 10000 DAYS [CD]

Tool Dissectional / Volcano Entertainment [2006]

Rilisan ini memiliki segalanya yang saya butuhkan sebagai penikmat musik, yaitu musik art/prog metal yang bagus, kemasan album yang luar biasa tidak umum, video klip yang artistik walaupun selalu bertema gelap dan mistik. Bayangkan saja ada sebuah kaca mata tiga dimensi menempel pada kemasan CD-nya. Pada awalnya saya tidak mengerti mengapa ada dua kaca cembung menempel pada kemasan CD-nya. Lalu setelah saya teliti lebih jauh, ternyata ada efek tiga dimensi ketika kita melihat teks, gambar, foto, dan artwork di dalamnya. Saya benar-benar terheran-heran. Sebenarnya saya terlebih dahulu membeli album ini dalam versi kasetnya dan sempat kecewa dengan album ini karena ada foto para personel Tool yang nampang – padahal Tool dikenal sebagai band dengan imej personil yang misterius pada saat itu. Kini saya mengerti mengapa ada foto-foto tersebut, dengan kaca mata 3D kita dapat melihat background foto para pesonel dengan karakter mereka masing-masing. Memuaskan!…

 

RADIOHEAD – RADIOHEAD ALBUM BOX SET [BOX SET]

EMI [2007]

Dalam boxset ini kita bisa dapatkan enam album studio plus satu album live, total ada 7 CD. Selain musik yang keren [kualitas musik Radiohead sudah barang tentu tidak usah kita perdebatkan lagi kan?!, Radiohead memiliki artworker yang setia mengikuti mereka dari album kedua [The Bends] sampai album terakhir [In Rainbow], dialah Stanley Downwood. Dibungkus kotak putih dengan semacam hologram bergambar beruang khas Radiohead dengan artwork asli bikinan Stanley Downwood. Jika dalam versi CD lokal anda hanya mendapatkan beberapa lembar cover art, maka di boxset ini ada seluruh artwork lengkap versi Radiohead sendiri. Malah ada semacam kertas kalkir [atau kertas minyak?] pada album Kid A dan Amnesiac yang dapat kita gabung menjadi satu kesatuan artwork yang ajaib.

 

TIKA AND THE DISSIDENTS – THE HEADLESS SONGSTRESS [CD]

Head Records / deMajors [2009]

Kreatif…itu kata yang mewakili kemasan album ini. Dibalut kain motif bunga yang tidak sama pada setiap CD-nya. Halaman cover cukup tebal apalagi dengan adanya kertas kosong [yang berfungsi sebagai Notes]. Yang membuat segar kemasan CD ini adalah pemilihan warna-warna yang cerah ditambah dengan gambar bernuansa Eropa kuno. Cukup menghibur dibandingkan dengan kemasan album atau CD band-band dalam negeri lainnya yang gitu-gitu saja. Saya merelakan rupiah saya untuk album ini daripada sekedar menyimpan mp3-nya saja.

 

BJORK – FAMILY TREE [BOX SET]

Elektra / Warner Music [2002]

Yang saya sayangkan dari Bjork adalah selalu menjual rilisannya [CD, DVD, Boxset, Merchandise, dll] dengan bandrol harga yang cukup mahal – coba cek aja di Amazon.com! Tapi beruntung saya dapatkan boxset ini di lapak kaset/CD bekas dengan harga yang bersahabat. Boxset ini terdiri dari 6 CD dengan 5 CD berukuran mini disc 3 inch. Unik, dengan bungkus kotak berwarna pink plus digipack mungil, serta foto-foto aneh khas Bjork. kotak bekal atau lunchbox siswi TK, itulah diskripsi saya mengenai kemasan boxset ini.

 

TALKING HEAD – WHITE BRICK [BOXSET]

Sire [2003]

Delapan album studio dalam satu paket boxset. Nilai tambah dalam rilisan ini adalah hadirnya teknologi dual disc di setiap CD-nya. Bayangkan dalam satu keping CD kita mempunyai dua hal sekaligus ; sisi CD dan sisi DVD [CD dan DVD dalam satu keping cakram]. Itulah yang mewakili rilisan ini dalam di setiap disc-nya, di mana ada audio CD plus DVD gigs atau video klip di setiap era albumnya.

 

ZEKE AND THE POPO – SPACE IN THE HEADLINE / PREMIUM PACK [CD]

Black Morse [2007]

Berbentuk mirip kotak pizza ukuran 30×30 cm, album ini membuat saya kaget dengan kemasannya yang unik untuk ukuran band lokal dan bonus-bonus yang ada di dalamnya. Dalam kotak ini terdapat CD, T-shirt, poster, pin dan beberapa stiker. Kurang apa coba?! Lebih eksklusif lagi karena adanya stempel nomor di setiap CD-nya. Sayang kotaknya berbahan kardus dan terlalu banyak sponsor di baliknya.

 

BLACK SABBATH – BLACK BOX [BOX SET]

Rhino [2004]

Black Sabbath adalah embrio kelahiran musik metal. Itulah nilai terpenting dalam boxset ini. Dengan kemasan kotak kokoh berbahan kain beludru berwarna hitam yang mencakup 8 CD album era 1970-1978 plus 1 DVD dan buklet 80 halaman akan cukup membuat ngiler metalhead manapun. Di sini kita dapat mengetahui bahwa Black Sabbath mampu mengubah peta musik rock, terutama metal dan turunannya. Mau bukti? Di bukletnya terdapat kata-kata tribut, testimoni dan sanjungan dari Beck, Kirk Hammett, Henry Rollins, hingga Krist Novoselic. Rob Zombie bahkan berkata, “No matter how hard others may try, there is only one Black F**king Sabbath!”.

 

NIRVANA – WITH THE LIGHTS OUT [BOX SET]

GEFFEN [2004]

Kemasan yang sangat menjual untuk fans [terutama fans berat!]. Dengan detail ditulis di bookletnya soal kronologis peristiwa dari awal sampai akhir karir Nirvana. Komplit beserta dokumen rekaman B-side, cover song, rare photos, gigs poster dan rare live-cuts. 3 CD dan 1 DVD cukup untuk memuaskan dahaga para fans yang seolah tidak puas akan karir band ini yang relatif pendek. Yang menarik dari rilisan ini adalah cover boxset berbahan metal, uraian pengantar [liner text] dari Thurston Moore serta foto bareng antara personel Nirvana dan Sonic Youth. Selebihnya, tak lebih dari jualan memorabilia dari perusahan rekaman band ini.

 

THE VELVET UNDERGROUND – PEEL SLOWLY AND SEE [BOX SET]

POLYGRAM [1995]

Ini boxset yang saya idam-idamkan! Seperti Nirvana, karir band ini cukup pendek tapi sangat mengubah peta musik rock dunia, berkat band ini musik rock mengakar dan melahirkan banyak genre. Rilisan ini mencakup perjalanan The Velvet Underground bersama Lou Reed [1967-1973] dalam 4 album studio berserta versi demonya, unreleased song. Ditambah 5 CD semua materi rekaman The Velvet Underground yang cukup mengenyangkan. Lengkap dengan buku setebal 84 halaman yang memuaskan. Boxset ini dibungkus dengan kotak putih kokoh, tak ketinggalan trademark band ini, yakni pisang kuning yang tak sabar untuk saya kelupas – itulah misteri mengapa gambar pisang pada album Nico & The Velvet Underground karya Andy Warhol begitu membuat penasaran. Yah, ternyata pisangnya dapat dikelupas!

 

THE MISFITS – BOX SET [BOX SET]

CAROLINE [1996]

Sebetulnya materi rilisan boxset ini tidak terlalu istimewa, yang menjadi nilai lebih adalah wujud fisik boxset ini. Berbentuk peti mati bermotif kayu berwana hitam, bagian dalam berbahan kain beludru berwarna merah yang cukup seram dan sesuai dengan imej band ini. Di atasnya tertulis nama yang meninggal dunia, yaitu The Misfits itu sendiri. Ini termasuk booklet yang minim informasi, hanya 28 halaman buklet. Namun yang menghibur dari boxset ini adalah bonus pin bergambar tengkorak Fiends Club yang sangat legendaris itu.

 

[rusl hatta]

Rusl Hatta adalah kontributor tetap Apokalip dan seorang kolektor rekaman yang tinggal di kota Malang.

About apokalipwebzine
Ini hanyalah blog sementara di masa hiatus Apokalip.com yang tiba-tiba sejak Mei 2010 kemarin. Blog ini berisi arsip-arsip pilihan editor Apokalip yang pernah dimuat selama kurun waktu tiga tahun terakhir, 2007-2010. Ada kumpulan artikel, esai maupun resensi lawas yang mungkin masih menarik untuk dibaca serta bisa jadi sumber referensi. Yah, sebut saja ini the best archives versi editor Apokalip. Semua tulisan kami muat sebagaimana aslinya, tanpa editing ulang untuk mempertahankan orisinalitas. Semoga anda terhibur dan terbisingkan... Apokalip adalah proyek situs musik online yang idenya digagas oleh sejumlah anak muda di kota Malang. Proses pengerjaan konsep dasar dan konstruksi situs ini dimulai dari November 2006 sampai dengan April 2007 oleh Yuda Wahyu dan Samack. Apokalip.com resmi online sejak tanggal 10 Mei 2007 dengan tagline Menyerukan Kebisingan. Selain mengelola webzine, Apokalip juga memiliki projekt lain seperti Klub Apokalip [blog/portal], ReloadYourStereo [netlabel], Apokalip|Show [event organizer], Apokalip Strong-Merch [merchandise], dan Kios Apokalip [online store]. Manajemen dan pengembangan situs ini dikelola secara independen oleh Apokalip Media Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: