Injak Balik!

Injak Balik! ; A Bandung Punk/HC Comp [Tian An Men 89 Records] with Puppen, Closeminded, Savor Of Filth, Deadly Ground, Piece Of Cake, Runtah, Jeruji, Turtles Jr, All Stupid. Released on August 1997, 7″ vinyl, SOLD OUT!…

 

“Injak Balik means sort of kick ‘em back in Indonesian Language. The title was originally found by our vocalist. It was our band’s expression to military repressive acts during the last days of our former President Soeharto.”

 

Itu sepenggal keterangan yang aku temukan di situs Robin Malau, gitaris Puppen, beberapa waktu lalu. Dan kalau membaca sekilas nama label yang merilis kompilasi ini, Tian An Men 89 Records, kita mungkin membayangkan kalau ini adalah sebuah record label dari Cina, padahal nyatanya berasal dari Perancis.

 

Sekedar gambaran, kompilasi yang berisi 9 cult-bands dari punk/hardcore scene di Bandung [tapi dirilis di Perancis] ini dibagi menjadi dua sisi : Muka Satu dan Muka Dua, di mana single “Freedom to Defecate”-nya PUPPEN didaulat menjadi single pembuka di Muka Satu. Cukup pantas, karena kualitas suara dan rekaman single ini terdengar sama dengan yang ada di Not a Pup EP. Gebrakan selanjutnya datang dari CLOSEMINDED, sebuah band yang juga cukup familiar di era 90-an. Di sini mereka menyuguhkan single “Born Bad” yang lumayan berisik tapi tetap bertenaga. Tak berapa lama SAVOR OF FILTH hadir menghembuskan nafas NYHC yang kental dan memuntahkan “My Own Hate”, sampai akhirnya Muka Satu ditutup oleh DEADLY GROUND, band yang sempat merilis mini album dan mengisi beberapa album kompilasi. Sekilas terdengar pengaruh NAILBOMB di single “Fear” yang mereka hentakkan.

 

Lanjut ke Muka Dua, di sini nuansa punk terasa mendominasi sekali, maklumlah ada empat band punk plus satu band hardcore. PIECE OF CAKE hadir menawarkan beat-beat punk yang easy listening lewat satu-satunya lagu dengan lirik Indonesia, “Tak Perduli”, cuma sayang tidak didukung kualitas rekaman yang memadai. Begitu juga single “Mega” yang dimainkan RUNTAH, di sini terasa berbeda sekali dengan versi di album mereka. Kali ini lebih terdengar seperti demo tape dengan hanya seorang backing vocal. Sayang sekali, mengingat single ini adalah tipe single yang asik diteriakkan beramai-ramai. Selanjutnya masih single punk dengan bahasa Sunda, JERUJI ambil bagian meneriakkan “Pi Anjingeun” dengan lantang, dengan kualitas rekaman yang tak jauh beda dengan dua band sebelumnya. Tak mau ketinggalan melanjutkan semangat punk, TURTLES JR mengumbar kemarahan lewat “Die My Girl”, single yang juga dijadikan judul debut album mereka. Dan akhirnya kompilasi bersejarah ini pun dituntaskan oleh ALL STUPID, menyuguhkan satu nomor klasik yang sekarang dikemas ulang oleh GODLESS SYMPTOMS, “Sia”.

 

Tanggung, itulah kesan yang terasa begitu album ini selesai didengarkan. Maklumlah, durasi tiap single memang tak terlalu lama, sekitar 2-3 menitan lah. Namun rilisan ini mampu membangkitkan kembali kenangan ke era 90-an akhir, di mana masa-masa itu sering disebut sebagai masa kejayaan underground di Indonesia, dan Bandung khususnya. Sebuah kompilasi bersejarah yang hanya dirilis terbatas 500 copy saja. Dan karena dirilis di Perancis, otomatis kompilasi ini kurang terdengar gaungnya di sini, ironis memang. Tapi tak diragukan lagi kalau ini adalah sebuah tonggak sejarah yang membuat komunitas punk/hardcore Bandung semakin dikenal di berbagai negara.

 

[iw]

Tulisan ini dikopi dari sebuah notes facebook milik seorang kawan yang memakai nama Persona Non Grata. Kami anggap penting dan perlu disimak sebagai bagian dari root scene underground di tanah air…

About apokalipwebzine
Ini hanyalah blog sementara di masa hiatus Apokalip.com yang tiba-tiba sejak Mei 2010 kemarin. Blog ini berisi arsip-arsip pilihan editor Apokalip yang pernah dimuat selama kurun waktu tiga tahun terakhir, 2007-2010. Ada kumpulan artikel, esai maupun resensi lawas yang mungkin masih menarik untuk dibaca serta bisa jadi sumber referensi. Yah, sebut saja ini the best archives versi editor Apokalip. Semua tulisan kami muat sebagaimana aslinya, tanpa editing ulang untuk mempertahankan orisinalitas. Semoga anda terhibur dan terbisingkan... Apokalip adalah proyek situs musik online yang idenya digagas oleh sejumlah anak muda di kota Malang. Proses pengerjaan konsep dasar dan konstruksi situs ini dimulai dari November 2006 sampai dengan April 2007 oleh Yuda Wahyu dan Samack. Apokalip.com resmi online sejak tanggal 10 Mei 2007 dengan tagline Menyerukan Kebisingan. Selain mengelola webzine, Apokalip juga memiliki projekt lain seperti Klub Apokalip [blog/portal], ReloadYourStereo [netlabel], Apokalip|Show [event organizer], Apokalip Strong-Merch [merchandise], dan Kios Apokalip [online store]. Manajemen dan pengembangan situs ini dikelola secara independen oleh Apokalip Media Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: