Mike Patton & Peeping Tom

Apa yang terjadi kalau musisi rock paling berbakat, paling sibuk, dan paling kaya ide di planet ini memutuskan untuk membawa trip-hop ke abad 21? Barangkali jawabnya adalah Peeping Tom.

 Peeping Tom adalah proyek terbaru dari Mike Patton (pentolan Faith No More, Tomahawk, Mr. Bungle, Fantomas, dan Lovage). Dalam band ini Patton menunjukkan pada kita bagaimana definisinya akan musik pop ; elektrik, sensual dan variatif. Sederet nama digamit untuk berkolaborasi ; Norah Jones (rasanya cuma Patton yang mampu membuat Jones bernyanyi dengan sensual seraya mendesahkan “What makes you think you’re my only lover? The truth kinda hurts don’t it motherfucker?”), Odd Nosdam, Rahzel, Dan The Automator, Kid Koala, Amon Tobin serta Kool Keith (Prodigy). Berikut wawancara dengannya melalui email…

Sedang dengar apa sekarang? Band yang paling berpengaruh bagi anda dan Peeping Tom?

Akhir-akhir ini saya sangat senang Sigur Rós, Burt Bacharach dan Gnarls Barkley.

Apa pendapat anda tentang Mash-up saat ini?

(Mash-up adalah genre musik yang mencampurkan dua lagu atau lebih menjadi satu. Kalau anda pernah mendengar lagu Green Day “Boulevard of a Broken Dreams’ digabungkan dengan “Wonderwall” punya Oasis, nah itu adalah contoh mash-up)

Seperti hal lain, ada yang bagus ada juga yang sangat buruk.

Mash-up telah mengenalkan saya pada jenis musik dan musisi-musisi baru yang mungkin tak akan pernah saya ketahui sebelumnya. Apakah anda pikir mash-up juga dapat memperluas pendengar musik anda? Melebarkan basis fans?

Saya kira tidak. Sejujurnya menurut saya musik jenis ini tak akan bertahan terlalu lama. Tapi musik seperti itu menyenangkan.

Kalau begitu apakah mash-up membawa pengaruh saat anda membentuk Peeping Tom?

Tidak terlalu, apalagi kepala saya sendiri sudah seperti mash-up yang paten.

Apa yang berpengaruh pada anda untuk Peeping Tom? Secara umum musik-musik apa yang berpengaruh terhadap anda.

Saya tidak membatasi diri saya terhadap pengaruh-pengaruh. Segala sesuatu dalam hidup saya membawa pengaruh pada saya. Mulai dari kopi di pagi hari hingga tiap makanan yang saya santap. Susah dijelaskan. Danny Devito berpengaruh terhadap saya!

Apa pendapat anda mengenai download musik, juga hak menjadikan CD yang telah dibeli seseorang menjadi MP3? Apakah menurut anda seseorang sebaiknya diperbolehkan melakukan apa saja terhadap CD yang mereka beli? Ini adalah isu yang cukup ramai sekarang dan sebagai seorang artis sekaligus pemilik label, anda mungkin memiliki sudut pandang yang menarik tentang hal ini.

Saya menyukai iPod dan MP3 player. Saya menyukai gadget. Kalau anda mengeluarkan uang untuk mendapatkan CD musik, anda juga memiliki kebebasan untuk mendengarkan musik dalam CD itu dalam bentuk apapun. Tapi anda sebaiknya tidak mendistribusikan ulang musik itu meski anda menginginkannya. Ini situasi yang sulit, meski jujur saja kenyataannya seluruh isu ini sangat jauh sekali dari jangkauan si artis, dan ini mengganggu saya. Saya tidak peduli apa dipikirkan label atau industri musik.

Apakah anda familiar dengan penanda sosial seperti del.ico.us atau TailRank. Bagaimana anda akan memberi tag pada Peeping Tom?

Tidak, saya tidak familiar. Tapi saya mungkin tak tertarik untuk memberi Peeping Tom tag nama penyakit-penyakit yang berseliweran.

(Setelah mendapat penjelasan singkat tentang penanda sosial, Mike kembali dengan tag-nya untuk Peeping Tom ; Seksi, platinum, Lakers, makanan, Devito, merunduk, zzzzzz… )

Di mana posisi anda saat ini? Apa pengaruh tempat anda saat ini bagi Peeping Tom?

Saya berada di mana? Di San Francisco, siap memulai tur. Sedang berbahagia lebih dari sebelum- sebelumnya.

Apa ada hal-hal lain dari Peeping Tom setelah album dan tur ini?

Ya, banyak lagi.

Anda dikenal sebagai rajanya proyek sampingan, proyek lain apa yang sedang anda kerjakan sekarang? Atau ada proyek solo lain?

Banyak yang sedang saya kerjakan saat ini. Album baru Tomahawk. Rekaman orkestra bersama Eyvind Kang, beberapa musik untuk film, juga Lovage.

Di internet saya banyak mendapati anda menyebut diri anda sebagai seorang jenius. Benarkah? Atau itu cuma suara-suara di kepala anda?

Mendekati jenius pun tidak.

Menurut anda siapa musisi jenius yang saat ini masih hidup?

Willie Nelson, Ennio Morricone, Jerry Lee Lewis.

Apa track favorit anda dari album Peeping Tom dan apa alasannya? Apa track yang bukan favorit anda dari album Peeping Tom dan apa alasannya?

Tidak. Saya tidak bisa menjawab pertanyaan itu. Semua lagu itu anak-anak saya!

Um…pertayaan terakhir dari saya, bagaimana ceritaya anda bisa membuat Norah Jones mengucapkan ‘motherfucker’? Dalam nada yang begitu sensual pula?

Anda ingin tahu kenyataannya? Well, rumor yang mengatakan bahwa Norah mau mengucapkan kata itu karena kalah dalam permainan truth or dare sesungguhnya tidak benar. Jawaban pertanyaan anda simpel sekali, karena saya meminta ia melakukannya. Ia orang yang hebat dan benar-benar artis yang sangat berbakat.

 [A.L Harper] – Assistant Music Editor di www.blogcritics.com

Diterjemahkan oleh Ibnu. Gambar dan foto diambil dari netz.

About apokalipwebzine
Ini hanyalah blog sementara di masa hiatus Apokalip.com yang tiba-tiba sejak Mei 2010 kemarin. Blog ini berisi arsip-arsip pilihan editor Apokalip yang pernah dimuat selama kurun waktu tiga tahun terakhir, 2007-2010. Ada kumpulan artikel, esai maupun resensi lawas yang mungkin masih menarik untuk dibaca serta bisa jadi sumber referensi. Yah, sebut saja ini the best archives versi editor Apokalip. Semua tulisan kami muat sebagaimana aslinya, tanpa editing ulang untuk mempertahankan orisinalitas. Semoga anda terhibur dan terbisingkan... Apokalip adalah proyek situs musik online yang idenya digagas oleh sejumlah anak muda di kota Malang. Proses pengerjaan konsep dasar dan konstruksi situs ini dimulai dari November 2006 sampai dengan April 2007 oleh Yuda Wahyu dan Samack. Apokalip.com resmi online sejak tanggal 10 Mei 2007 dengan tagline Menyerukan Kebisingan. Selain mengelola webzine, Apokalip juga memiliki projekt lain seperti Klub Apokalip [blog/portal], ReloadYourStereo [netlabel], Apokalip|Show [event organizer], Apokalip Strong-Merch [merchandise], dan Kios Apokalip [online store]. Manajemen dan pengembangan situs ini dikelola secara independen oleh Apokalip Media Inc.

Leave a Reply

