Extreme But Not Aggressive

Malam itu, 23/09/05, di daerah Kenjeran Surabaya tampak agak meragukan. Sebab tidak terlihat material-material yang mampu menjelaskan bahwa di lokasi itu sedang ada hajatan besar. Tidak terdengar gaung sound system. Tidak ada umbul-umbul atau publikasi event. Tak tampak pasukan berkaos hitam yang biasanya jalan bergerombol menuju tempat pertunjukan. Uh, is it going to be the right show?!… Sampai di depan venue lebih mengejutkan lagi, tidak ada pemandangan antrian pembeli tiket di depan loket. Tidak tampak juga jubelan calon penonton di pintu masuk. Beberapa metalhead hanya tampak duduk-duduk bergerombol di sekitar venue. Di dalam hall ternyata sepi juga. Mungkin tidak sampai 1000 kepala di gedung luas yang berkapasitas hampir 8000 orang itu.

Sekitar jam delapan malam mulai terdengar musik Brutal Torture (Surabaya) yang tampil membuka acara. Soundly semacam brutal death yang standar. Biasa saja, tidak terlalu istimewa. Lalu giliran Rudra (S’pore) yang menyuguhkan irama 80’s death/thrash yang old-school. Sekilas mengingatkan pada album-album pertama dari Sepultura, Death atau Sodom. Band itu digawangi oleh empat orang personil berwajah india. Uniknya mereka juga memasukkan irama dan corak india pada musiknya. Semacam bollywood thrash jadinya, atau deathmetal bombay kata orang sebelah. Lalu giliran Tengkorak (Jakarta) naik pentas. Mereka hanya menggeber setlist yang singkat, empat atau lima lagu saja.

Saatnya sang headliner, Mille Petrozza dan ketiga rekannya naik panggung sekitar jam 21.30. Kreator membuka dengan track Enemy Of God, yang langsung disambung dengan Impossable Brutality – dua nomor dari album terbaru mereka. Lagu-lagu lawas macam Extreme Aggression, People Of The Lie, Betrayer, Tormentor, atau Pleasure To Kill tentu saja sangat dinantikan penonton. Sayangnya, tidak terdengar Terror Zone atau Love Us Or Hate Us. Di atas stage, Kreator bermain cukup prima dan mantap. Pada sejumlah lagu klasik Mille Petrozza yang mengambil part melodi-nya. Dua wajah pendatang, gitaris Sami dan bassis Chris juga bermain cukup apik. Slide-slide gitar dan bass-nya sangatlah metal dan melodius. Ventor tentu saja masih juara. Deru drumnya masih rapat. Dia bahkan ambil bagian vokal pada satu-dua lagu, serta membiarkan Mille asyik dengan gitar dan latar reffrain-nya. Sayang crowd yang hadir memang tidak banyak. Total hanya memenuhi sekitar 1/4 lantai festival – itu pun agak renggang dan kurang rapat. Aktifitas di moshpit juga tidak menarik dan kurang seru. “Hey, are you tired? Are you sleepy? Do you wanna go home now?…”, tanya Mille heran menyaksikan reaksi dingin para penonton. “Well, i can’t believe this!… Ayolah, ini pertama kalinya kita main di tempat kalian. Coba tunjukkan sesuatu yang bisa membuat kami balik lagi ke sini suatu saat nanti!”, serunya coba membakar semangat mereka. Lumayan bereaksi, meski tidak bertahan lama. “So c’mon guys, show me your hate. Say it loud…Hate!…H-A-T-E…”, tantang Mille. “So it’s time to raise the flag of…?” Crowd pun serempak menyahut, “HATE!!…”

Konser tersebut berakhir. Cukup menyenangkan bisa melihat langsung aksi Kreator. Tapi seperti ada yang kurang. Mille dkk memang cukup ekstrim, sayang crowd-nya kurang agresif. Hot on stage, but cold downthere…

[smck]

Gambar diambil dari netz

 

About apokalipwebzine
Ini hanyalah blog sementara di masa hiatus Apokalip.com yang tiba-tiba sejak Mei 2010 kemarin. Blog ini berisi arsip-arsip pilihan editor Apokalip yang pernah dimuat selama kurun waktu tiga tahun terakhir, 2007-2010. Ada kumpulan artikel, esai maupun resensi lawas yang mungkin masih menarik untuk dibaca serta bisa jadi sumber referensi. Yah, sebut saja ini the best archives versi editor Apokalip. Semua tulisan kami muat sebagaimana aslinya, tanpa editing ulang untuk mempertahankan orisinalitas. Semoga anda terhibur dan terbisingkan... Apokalip adalah proyek situs musik online yang idenya digagas oleh sejumlah anak muda di kota Malang. Proses pengerjaan konsep dasar dan konstruksi situs ini dimulai dari November 2006 sampai dengan April 2007 oleh Yuda Wahyu dan Samack. Apokalip.com resmi online sejak tanggal 10 Mei 2007 dengan tagline Menyerukan Kebisingan. Selain mengelola webzine, Apokalip juga memiliki projekt lain seperti Klub Apokalip [blog/portal], ReloadYourStereo [netlabel], Apokalip|Show [event organizer], Apokalip Strong-Merch [merchandise], dan Kios Apokalip [online store]. Manajemen dan pengembangan situs ini dikelola secara independen oleh Apokalip Media Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: